Fakta Menarik Kekalahan Jerman dari Korea Selatan di Piala Dunia 2018

Ekspresi Mats Hummels

Berita Piala Dunia – Jerman secara mengejutkan mengalami kekalahan di laga terakhir babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 ketika menghadapi Korea Selatan, Rabu (27/6). Kekalahan 0-2 tersebut membuat juara bertahan harus pulang lebih dini dari Rusia.

Pasukan Joachim Low langsung tampil menyerang sejak laga bergulir. Namun, rapatnya lini pertahanan Korea Selatan membuat skor 0-0 tak berubah hingga memasuki memasuki injury time.

Alih-alih mendulang gol, Jerman justru mengalami petaka pada menit ke-92. Kiper Manuel Neuer harus memungut bola dari gawangnya karena gagal menghentikan bola hasil sepakan Kim Young-gwon.

Korea Selatan semakin percaya diri setelah unggul. Empat menit berselang, Son Heung-min menggetarkan jala gawang Jerman yang tanpa pengajagaan karena ditinggal Neuer yang maju ke depan.

Juru Kunci

Juru Kunci

Hasil negatif membuat Jerman menghuni dasar klasemem akhir karena hanya mendulang tiga poin. Tim Panser gagal melaju ke babak selanjutnya di Piala Dunia 2018 karena dalam waktu yang bersamaan, Swedia mengalahkan Meksiko 3-0.

Fakta Menarik

Fakta Menarik

Berikut ini adalah lima fakta setelah Jerman terdepak dari Piala Dunia 2018.

  • Hasil Jerman kontra Korea Selatan membuat catatan baru di Piala Dunia 2018. Hingga saat ini, sebanyak 20 persen gol tercipta pada menit ke-90.
  • Jerman menjadi juara bertahan Piala Dunia ketiga yang tereliminasi di fase grup, setelah Italia (2010) dan Spanyol (2014).
  • Korea Selatan membuat Jerman mengulangi kenangan pahit 80 tahun silam. Pada 1938, tim Panser kali terakhir gagal melenggang ke 16 besar Piala Dunia.
  • Selama mengikuti Piala Dunia 2018, Jerman tidak sekalipun unggul pada babak pertama. Kali terakhir mereka menorehkan catatan negatif itu adalah dalam turnamen serupa tahun 1986.
  • Korea Selatan memutus catatan impresif Jerman ketika bersua para wakil dari Asia. Sebelum laga ini, Jerman selalu menang dalam lima pertemuan kontra negara-negara Asia sepanjang sejarah Piala Dunia.

Tak Pantas

Tak Pantas

Pelatih Jerman, Joachim Loew, mengatakan bahwa dirinya merasa kecewa dengan hasil tersebut. Namun di sisi lain ia juga mengakui bahwa Jerman saat ini memang tak pantas menjadi juara Piala Dunia seperti pada tahun 2014 lalu.

“Ada rasa kecewa yang besar karena kami tereliminasi di fase ini.” ujarnya.

“Kami tidak pantas memenangkan Piala Dunia saat ini. Kami juga tidak pantas untuk melaju ke babak 16 besar.”

 

Sumber: bola.net