Hasil Liga Jerman, Dortmund Kian Tertinggal dari Bayern Muenchen

Lesehanbola.com – Borussia Dortmund kian tercecer dan semakin tertinggal dari Bayern Muenchen dalam persaingan papan atas Bundesliga 1, kasta teratas Liga Jerman. Hal ini tak lepas dari kekalahan mereka pada pekan ke-12 Bundesliga.

Borussia Dortmund kalah 1-2 ketika bertandang ke markas VfB Stuttgart, Jumat (17/11/2017) atau Sabtu dini hari WIB. Gol Stuttgart yang dicetak Chadrac Akolo (4′) dan Josip Brekalo (51′), hanya bisa dibalas Dortmund lewat Maximilian Philipp (45+3′).

Kekalahan ini membuat Dortmund gagal memangkas jarak poin dengan Bayern Muenchen. Mereka tertahan di posisi ketiga dengan 20 angka, berjarak empat poin dari Bayern selaku pemuncak klasemen.

Posisi Bayern bisa saja kian menjauh karena baru bertading pada Sabtu (18/11/2017) ini. Dortmund pun bisa tergeser dari posisi ketiga karena empat tim di bawahnya belum main.

Pada pertandingan melawan VfB Stuttgart, Dortmund sebenarnya tampil sangat mendominasi dengan memiliki 63 persen penguasaan bola.

Dortmund juga memiliki peluang jauh lebih banyak, yaitu 13 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Berbanding, delapan peluang dengan empat tembakan on target dari kubu tuan rumah.

Meski hanya memiliki sedikit peluang, Stuttgart berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada awal pertandingan melalui Chadrac Akolo pada menit keempat.

Gol tersebut lahir akibat blunder yang dilakukan pertahanan Dortmund. Operan sederhana dari Marc Bartra gagal diterima dengan baik oleh kiper Roman Buerki dan berhasil dicuri Akolo untuk mencetak gol dengan mudah.

Tertinggal 0-1 di awal laga, Dortmund meningkatkan intensitas serangan mereka dan sempat memiliki peluang emas melalui Andriy Yarmolenko, Andre Schuerrle, dan Mario Goetze.

Namun, gol balasan Dortmund baru tercipta jelang babak pertama berakhir melalui skema tendangan penalti.

Penalti tersebut diberikan wasit Frank Willenborg akibat hands ball yang dilakukan bek Stuttgart, Benjamin Pavard.

Schuerrle yang dipercaya menjadi algojo sempat gagal menjalankan tugas setelah tembakannya berhasil diblok kiper Ron-Robert Zieler.

Beruntung bagi Dortmund, bola muntah tersebut mengatah ke Maximilian Philipp yang sukses melepaskan tembakan keras tanpa mampu kembali diamankan Zieler.

Namun di awal babak kedua, Stuttgart berhasil kembali unggul cepat akibar buruknya koordinasi di lini pertahanan Dortmund.

Stuttgart berhasil mencetak gol kedua melalui aksi Josip Brekalo memanfaatkan umpan dari Berkay Ozcan pada menit ke-51 melalui skema serangan balik.

Pada menit ke-71, Dortmund sempat mencetak gol melalui tendangan chip Yarmolenko. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena penyerang asal Ukraina tersebut dianggap sudah terlebih dahulu melakukan hands ball.

Performa Dortmund yang menurun dan tidak memiliki banyak peluang jika dibandingkan pada babak pertama membuat mereka tidak mampu mencetak gol balasan. Skor 2-1 untuk Stuttgart pun bertahan hingga akhir.

Stuttgart 2-1 Borussia Dortmund (Chadrac Akolo 4′, Josip Brekalo 51′; Maximilian Philipp 45+3′)

Stuttgart: 16-Ron-Robert Zieler, 28-Holger Badstuber, 21-Benjamin Pavard, 5-Timo Baumgartl, 20-Christian Gentner, 6-Santiago Ascacibar, 2-Emiliano Insua, 32-Andreas Beck, 33-Daniel Ginczek (11-Takuma Asano 45+1′), 31-Berkay Ozcan (3-Dennis Aogo 85′), 19-Chadrac Akolo (7-Josip Brekalo 46′)

Pelatih: Hannes Wolf

Borussia Dortmund: 38-Roman Buerki, 5-Marc Bartra, 25-Sokratis Papastathopoulos (2-Dan Axel Zagadou 46′), 29-Marcel Schmelzer, 15-Jeremy Toljan, 33-Julian Weigl, 23-Shinji Kagawa (19-Mahmoud Dahoud 63′), 10-Mario Goetze, 9-Andriy Yarmolenko, 21-Andre Schuerrle (13-Raphael Guerreiro 83′), 20-Maximilian Philipp

Pelatih: Peter Bosz

Wasit: Frank Willenborg