Kisah Transfer Man City dan Arsenal, Sudah Rp 1 Triliun yang Mengalir ke Emirates

Lesehanbola – Bigmatch Liga Inggris akan tersaji pada akhir pekan ini ketika Manchester City menjamu Arsenal di Etihad Stadium, Minggu (5/11/2017). Jelang duel ini, ada sisi lain yang menyita perhatian mengenai aktivitas transfer di antara keduanya.

Man City dan Arsenal memiliki hubungan yang cukup baik khususnya untuk masalah transfer pemain. Saat awal diakuisisi oleh perusahaan asal Abu Dhabi dan belanja jor-joran, Man City membeli beberapa pemain inti Arsenal.

Bahkan ada sebuah candaan yang mengatakan bahwa Arsenal adalah akademi Man City. Ini merujuk para pemain Arsenal yang menjadi andalan setelah diboyong The Citizens dari Emirates, markas Arsenal.

Sejak diakuisisi oleh Konsorsium Abu Dhabi, ada lima pemain Arsenal yang datang ke Man City. Dua pemain pertama The Gunners yang hijrah ke rival sekota Manchester United itu adaalah Emmanuele Adebayor dan Kolo Toure pada 2009.

Man City menggelontorkan 26 juta poundsterling untuk Adebayor sedangkan Kolo Toure ditebus dengan mahar 16 juta poundsterling.

Dua tahun kemudian, datang dua pemain Arsenal lainnya yakni Samir Nasri dan Gael Clichy. Dua pemain ini bisa dikatakan ikut memiliki andil besar untuk mendatangkan gelar perdana Liga Inggris bagi Man City pada era Premier League.

Nasri datang ke Etihad dengan harga 25 juta poundsterling sedangkan Clichy senilai 7 juta poundsterling.

Pemain terakhir dari Arsenal yang bergabung dengan Man City adalah Bacary Sagna. Pemain ini bergabung secara gratis pada tahun 2014.

Jika diakumulasi, Man City harus mengeluarkan biaya 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk memboyong lima pemain tersebut. Jumlah ini bisa saja bertambah jika Alexis Sanchez yang menjadi incaran The Citizens pada bursa transfer musim panas lalu jadi pindah. Harga Sanchez diperkirakan senilai 60 juta poundsterling.