Singa Oranye Nasibmu Kini

Singa Oranye Nasibmu Kini

Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Singa Oranye tengah berada di salah satu periode terkelam dalam sejarah sepakbola mereka setelah dua tahun lalu juga tak masuk Piala Eropa.

Belanda menyudahi Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan kemenangan 2-0 atas Swedia. Malang buat Arjen Robben dkk, hasil itu tak cukup memberi mereka tiket terbang ke Rusia tahun depan. Belanda harus menang dengan selisih tujuh gol untuk setidaknya melaju ke fase playoff.

Ini bukan kali pertama Belanda gagal lolos ke Piala Dunia. Sebelum menjadi tim menakutkan dengan total football-nya di awal periode 1970-an, Belanda justru langganan tidak lolos.

Tapi setelah era Rinus Michels dan Johan Cruyff yang mengantar Belanda menjalani kejayaan besar di Eropa, mereka tercatat tiga kali gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia (empat termasuk tahun 2018). Itu terjadi di tahun 1982, 1984, dan 2002.

Ketidakmampuan Belanda masuk Piala Dunia jadi kejutan terbesar di babak kualifikasi ini. Sebagai catatan, Belanda adalah finalis Piala Dunia 2010 dan semifinalis Piala Dunia 2014.

Belanda bisa dibilang tengah berada di salah satu periode terburuknya. Sebab mereka juga tidak bisa berpartisipasi di putaran final Piala Eropa 2016.

Opta mencatat, ini adalah kali pertama dalam 30 tahun terakhir Belanda gagal lolos ke dua turnamen mayor. Sebelumnya Belanda tidak lolos Piala Dunia 1982, Piala Eropa 1984, dan Piala Dunia 1986.

Di sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018 ini, Belanda kini masih diperkuat beberapa pemain senior semisal Robben, Robin van Persie, hingga Wesley Sneijder, dan Klaas-Jan Huntelaar. Belanda sebenarnya punya beberapa pemain muda potensial yakni Georginio Wijnaldum, Daley Blind, Kevin Strootman, Virgil van Dijk dan Memphis Depay. Tapi kombinasi tua dan muda itu tak mampu mengantar negaranya lolos ke Piala Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *