Zidane: Saya Bukan Pelatih Terbaik

Berita Bola – Zinedine Zidane dinilai sudah cukup membuktikan kualitasnya sebagai pelatih yang mampu mampu mempersembahkan banyak trofi bagi Real Madrid. Banyak pihak yang menilai Zidane adalah pelatih jenius yang kaya taktik.

Namun ternyata Zidane justru tidak beranggapan demikian. Berbicara di lamanĀ realmadrid, dia justru mengaku bukan pelatih terbaik dalam hal taktik. Tapi satu hal yang menjadi kekuatannya adalah gairah dan antusiasme untuk meraih kemenangan.

Terlebih, Zidane mampu mempersatukan skuat Madrid yang dipenuhi oleh pemain-pemain bintang. Skuat Madrid masih terlihat harmonis meski beberapa pemain jarang merumput. Tugas yang tidak mudah, tapi Zidane mampu melakukannya dengan baik.

“Saya menghabiskan 17 atau 18 tahun sebagai pemain, bekerja dengan banyak pelatih dan beberapa pemain dengan ego untuk bertanding,” ujar pelatih berdarah Prancis ini.

“Saya tahu dengan baik apa yang dipikirkan pemain dan hal itu penting bagi pelatih, tapi itu bukan satu-satunya perkara. Hal itu tidak akan memenangkan pertandingan, anda juga membutuhkan keberanian dan filosofi. Saya bukanlah pelatih terbaik dalam hal taktik, pers sudah berbicara itu.”

Walaupun demikian, pengalamannya sebagai pemain itu ternyata banyak membantu pekerjaannya sebagai pelatih. Dia bisa menularkan gairah yang sama kepada para pemain untuk terus meraih kemenangan dan trofi.

“Tapi saya memiliki gairah dan dorongan yang kuat dan hal itu sangat berarti. Lebih mudah bagi saya sebagai pemain. Anda tahu dengan jelas apa yang saya lakukan dengan baik dan yang tidak. Saya sangat bergairah soal sepak bola,” tutup Zidane.